Sebagian Besar Generasi Milenial Tak Tahu Nilai Uang yang Harus Disimpan

sebagia-besar-generasi-milenial-tak-tahu-nilai-uang-yang-harus-disimpan

Jakarta – Hampir setengah generasi milenial (berusia 23 hingga 38 tahun) tidak tahu seberapa banyak uang yang harus mereka tabung. Hal itu terkuak dalam laporan bertajuk Planning and Progress Study 2019, Northwestern Mutual. Laporan ini merupakan survei terhadap lebih dari 2.000 orang dewasa.

Dilansir dari CNBC, sebenarnya sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak uang yang harus ditabung. Sebab ini dapat menjadi acuan untuk masa pensiun atau saat ingin membeli rumah.

“Seiring bertambahnya usia, pentingnya memahami keuangan pribadi Anda. Teruslah menambahnya,” jelas Emily Holbrook, Direktur Perencanaan Keuangan di Northwestern Mutual.

Tentang nilai besaran uang yang harus disimpan, banyak pihak memiliki pemikiran berbeda. Ada yang menyebut jika saat berumur 30 tahun, besarannya adalah setara gaji tahunan. Kemudian saat umur 35, harus setara dengan dua kali gaji tahunan dan saat umur 45 setara dengan tiga kali gaji tahunan.

Selain tabungan pensiun, penting juga untuk menyimpan dana darurat setidaknya simpan sebanyak tiga hingga enam bulan biaya hidup.

Diingatkan pula jika Anda berusia 20-an hingga 30-an, seseorang masih memiliki banyak waktu untuk menabung biaya pensiun. Caranya dengan mulai menyimpan apa yang bisa disimpan.

Kemudian ketika telah mendekati usia 40 tahun, dan hanya dapat menyimpan sedikit, tidak ada salahnya untuk tetap menyimpan sebagian dari penghasilan.

Jika merasa ragu terkait bagaimana mengelola keuangan, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada yang lebih ahli dalam urusan tersebut.

Sumber : https://www.liputan6.com

Share this: